Kapal Selam Jerman tipe 212 adalah sebuah kapal selam non nuklir mutakhir yang dibuat oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft AG (HDW) untuk Angkatan laut Jerman. Kapal ini ditenagai oleh mesin propulsi diesel dan sistem propulsi-bebas udara (air-independent propulsion. AIP) sel bahan bakar hidrogen dengan proton exchange membrane (PEM) buatan Siemens. Kapal selam ini dapat beroperasi pada kecepatan tinggi dengan tenaga diesel atau menggunakan sistem AIP
untuk penjelajahan berkecepatan rendah tanpa suara, menyelam di bawah permukaan air selama tiga minggu tanpa muncul ke permukaan dan tidak mengeluarkan buangan panas. Sistem ini juga dikabarkan bebas getaran, sangat sunyi dan bisa dikatakan tidak dapat dideteksi.Tipe 212 adalah satu dari hanya dua kapal selam yang dilengkapi sistem propulsi sel bahan bakar yang siap diproduksi pada tahun 2007. Kapal yang lainnya adalah Proyek 677 kapal selam kelas Lada yang didesain oleh Biro Desain Rubin di Rusia.
Daftar kapal
Negara | Pennant number | Nama | Laid down | Peluncuran | Komisi |
---|---|---|---|---|---|
Germany | S181 | U-31 | 20 March 2002 | 19 October 2005 | |
Italy | S526 | Salvatore Todaro | 3 July 1999 | 6 November 2003 | 29 March 2006 |
Jerman | S182 | U-32 | 4 December 2003 | 19 October 2005 | |
Jerman | S183 | U-33 | September 2004 | 13 June 2006 | |
Italy | S527 | Scirè | 27 May 2000 | 18 December 2004 | 19 February 2007 |
Jerman | S184 | U-34 | July 2006 | 3 May 2007 | |
Jerman | S185 | U-35 | 21 August 2007 | planned for 2011 | |
Jerman | S186 | U-36 | planned for 2012 | ||
Jerman | S528 | planned for 2013 | |||
Italy | S529 |
http://id.wikipedia.org
planned for 2014 |