berita militer indonesia terbaru

Saturday 9 August 2014

Nagaski Peringati 69 Tahun Serangan Bom Atom AS

0 komentar

NAGASAKI - Nagasaki, salah satu kota yang menjadi korban serangan bom atom Amerika Serikat (AS) saat Perang Dunia II lalu, melakukan peringatan atas tragedi itu. Tahun ini mereka memperingati 69 tahun tragedi yang telah melumpuhkan Jepang tersebut.

Melansir Xinhua, Sabtu (9/8/2014), Walikota Nagasaki, Tomihisa Taue, dalam pidatonya menyatakan, senjata nuklir adalah ancaman nyata bagi kehidupan manusia, baik di masa kini ataupun di masa depan. Taue juga mengkritik kebijakan baru Jepang mengenai pembentukan kembali militer mereka.

“Sebuah sumpah yang telah diatur dalam Konstitusi Jepang adalah, bahwa Jepang akan meninggalkan perang, pasca insiden Jepang dan Nagasaki, negara dan kota yang mengalami bom atom," ungkap Taue.

Dirinya berharap, parlemen Jepang memikirkan kembali untuk membangkitkan militer mereka. Jepang sebelumnya telah membekukan kegiatan militer mereka dari dunia internasional dan militer Jepang hanya digunakan untuk kebutuhan dalam negeri.

Para warga Nagaski melakukan upacara peringatan insiden itu dengan melakukan doa bersama di tengah kota Nagasaki. Sekitar 74 ribu orang tewas ketika AS menjatuhkan bom atom ke tengah kota Nagasaki tahun 1945 lalu.

Leave a Reply

 
beritamiliterindonesia © 2014 | Designed By Blogger Templates